Ads

Perbedaan IGD dan UGD


Pernah kah kalian bertanya Tanya kenapa di setiap rumah sakit di daerah anda bertuliskan IGD ataupun UGD. Kenapa setiap rumah sakit tidak menuliskan dengan kata yang sama?. Sama sama menggunakan IGD ataupun sama sama menggunakan UGD. Padahal saat kita melihat kedua tempat tersebut terlihat sama saja.

Banyak orang menganggap UGD (Unit Gawat Darurat) dan IGD (Instalasi Gawat Darurat) adalah dua fasilitas perawatan yang sama. Padahal tidak begitu. UGD dan IGD memang merupakan tempat pelayanan kesehatan untuk menangani pasien yang gawat darurat. Akan tetapi, UGD dan IGD adalah dua hal yang berbeda.


Perbedaan UGD dan IGD
UGD memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dibanding IGD. Biasaya UGD terdapat di Rumah Sakit kecil sementara IGD berada di rumah sakit yang lebih besar dengan dokter jaga yang juga lebih banyak. Dokter jaga di UGD biasanya adalah dokter umum. Sedangkan dokter jaga di IGD biasanya tak hanya melibatkan dokter umum saja, namun juga dokter spesialis.
Meski begitu baik UGD dan IGD memiliki prinsip penanganan yang sama. Pasien gawat darurat yang datang ke akan langsung mendapatkan penanganan dari dokter jaga hingga kondisinya membaik. Setelah membaik, pasien umumnya akan dipindahkan ke ruang rawat inap yang telah ditentukan oleh dokter.

Perbedaan IGD dan UGD Perbedaan IGD dan UGD Reviewed by Masih Sekulah on October 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.