Ads

Apa Itu Agama Samawi dan Agama Ardhi


Di dunia ini ada dua jenis agama yang dibedakan berdasarkan sumbernya. Ada agama langit atau agama samawi yang bersumber dari wahyu. Makannya disebut dengan agama langit. Wahyu berasal dari langit. Kedua ada agama yang tidak berdasarkan pada wahyu. Disebut dengan agama. Bumi atau Agama Ardhi ini seringnya penuh kontroversi dan sulit disebut agama. Biasanya hanya disebut dengan sekte, ajaran, atau aliran kepercayaan.

Pengertian

Definisi Umum Agama, Pengertian agama adalah tata cara yang mengatur peribadahan manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta tata cara yang mengatur hubungan manusia dengan manusia yang lain serta manusia dengan lingkungannya, yang merupakan bagian dari makhluk ciptaan Tuhan.

KBBI, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau sering disingkat dengan KBBI, agama merupakan suatu sistem yang mampu mengatur tata keimanan dan kepercayaan serta ibadah pada Tuhan Yang Maha Kuasa disertai dengan tata kaidah yang berkaitan langsung dengan ciri pergaulan manusia dengan manusia lainnya ataupun manusia dengan lingkungan sekitarnya.

Secara Etimologi, Istilah agama merujuk dari bahasa Sanskreta yang bermakna suatu tradisi atau tidak kacau karena berasal dari kata “a” dan “gama”. Agama juga dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan aturan yang dapat mengarahkan manusia dalam arah dan tujuan tertentu yang baik dan benar.

Pengertian Agama Samawi, Agama Samawi adalah agama yang diturunkan (wahyu) dari Allah SWT melalui malaikat Jibril dan disampaikan oleh Nabi/Rasul yang telah dipiliholeh Allah SWT untuk disebarkan kepada umat manusia.

Ciri-ciri Agama Samawi, yaitu :

1.     Agama ini memiliki kitab suci yang otentik (ajarannya bertahan/asli dari Tuhan)

2.     Mempunyai nabi/rasul yang bertugas menyampaikan dan menjelaskan lebih lanjut dari wahyu yang diterima

3.     Agama samawi /wahyu dapat dipastikan kelahirannya

4.     Ajarannya serba tetap

5.     Kebenerannya adalah universal yaitu berlaku bagi setiap manusia,masa, dan keadaan.

Pengertian Agama Ardhi

Agama Ardhi adalah agama yang berkembang berdasarkan budaya, daerah, pemikiran seseorang yang kemudian diterima secara global. Serta tidak memiliki kitab suci dan bukan berlandaskan wahyu.

Ciri-ciri Agama Ardhi ,yaitu :

1.     Agama diciptakan oleh tokoh agama

2.     Tidak memiliki kitab suci

3.     Tidak memiliki nabi sebagai penjelas Agama Ardhi

4.     Berasal dari daerah dan kepercayaan masyarakat

5.     Ajarannya dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan akal pikiran penganutnya

6.     Konsep ketuhanannya yaitu Panthaisme, dinamisme dan animisme.

Dalam ilmu perbandingan agama, agama Abrahamik, atau agama Ibrahimiah, yang kadang-kadang disebut pula agama samawi, adalah agama-agama yang muncul dari suatu tradisi Semit kuno bersama dan yang ditelusuri oleh para pemeluknya. Karena didasari keterkaitannya oleh sosok leluhur ini, Ibrahim Bahasa Arab ابراهيم ("Ibrahim") atau Abraham (Bahasa Ibrani אַבְרָהָם ("Avraham"), yang kisah hidupnya diriwayatkan dalam Kitab Suci Yahudi, Kristen, dan Islam. Istilah "monoteisme padang pasir" kadang-kadang digunakan untuk maksud perbandingan serupa dalam konteks historis, dan sekarang istilah ini dianggap menghina.

Di dunia ini agama-agama besar yang diakui agama samawi tetap Yahudi, Kristen, dan Islam. Dan mewakili lebih dari setengah  dari seluruh pemeluk agama di dunia. Namun, banyak dari para pemeluk agama ini yang menolak pengelompokan agama atau kepercayaan mereka seperti ini dengan alasan bahwa agama mereka pada intinya dan dasarnya mengandung gagasan-gagasan yang berbeda, mengenai Abraham, kitab suci, bahkan konsep ketuhanan dan nama Tuhan dalam masing-masing agama juga berbeda. Saat ini di dunia diperkirakan ada sekitar 3,7 miliar orang pemeluk agama Abrahamik.

Secara Etimologi, Kata "Samawi" berasal dari bahasa Arab As-Samawat (السماوات) yang mempunyai arti "langit", menurut tradisi Islam agama samawi memiliki arti agama dari langit, karena para pengikutnya meyakini agama samawi dibangun berdasarkan wahyu Tuhan melalui perantara Malaikat kepada para nabi dan rasul yang kemudian disampaikan kepada umat manusia sebagai panduan jalan hidup. Sedangkan kebalikan dari Agama Samawi mereka sebut sebagai "Agama Ardhi" (أرض) yang artinya Agama Bumi.

Agama Samawi itu ada tiga, yaitu : agama yahudi yang disampaikan oleh Nabi Musa as, agama Nasrani yang disampaikan oleh Nabi Isa, dan agama Islam disampaikan oleh Nabi Muhammad saw.

Agama Ardhi berkembang berdasarkan budaya, daerah, pemikiran seseorang yang kemudian diterima secara global. Serta tidak memiliki kitab suci dan bukan berlandaskan wahyu. Agama ini berdasarkan ajaran dari seseorang.

Macam-macam agama ardhi yang dibawa oleh manusia adalah

Hindu, Agama Hindu termasuk lima besar agama di Indonesia. Sudah ada sebelum masuk agama Islam. Kitab suci agama ardhi ini adalah Weda. Kitab suci umat Hindu ini disusun oleh seorang Maharesi dari kaum brahma krishna Dwaipayana Wyana bersama-sama muridnya.

Budha, Agama Budha juga termasuk macam-macam agama ardhi di Indonesia. Sumber ajaran agama ardhi Budha ini berasal dari kitab Tripitaka. Setiap umat Buddha berpegang teguh kepada Tripitaka sebagai rujukan utama karena dalamnya tercatat ucapan dan ajaran sang hyang Buddha Gautama.

Konghuchu, Ajaran Konghuchu berasal dari kitab agama Sishu wujing. Kitab ini disusun oleh Kong Hu Cu. Ia dilahirkan pada tahun 551 SM. Agama Konghucu dianut oleh sebagian masyarakat Tionghoa (China). Penganut macam-macam agama ardhi Konghuchu ini juga banyak di Indonesia.

Terima Kasih Sudah Membaca 


Apa Itu Agama Samawi dan Agama Ardhi Apa Itu Agama Samawi dan Agama Ardhi Reviewed by Masih Sekulah on January 19, 2020 Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.