Ads

Membaca - Hobi Yang Bermanfaat



Membaca, pasti banyak yang suka membaca. Siapa yang tidak suka membaca? pasti ada. Membaca buku pelajaran, komik, novel, webtoon, wattpad, dan sebagainya. Membaca merupakan sesuatu kegiatan yang biasa dilakukan seseorang disaat ada waktu luang. Selain membuat
otak kita menjadi cerdas, membaca banyak manfaatnya. Berikut manfaatnya;

Melatih otak
Membaca The Da Vinci Code praktis kamu merasa seperti Robert Langdon yang berjalan di sepanjang jalan Roma dan tiba-tiba mencium aroma Julia Child's Beef Bourguignon. Nah, membaca merangsang daerah neurologis di otak seolah-olah Anda menjalani pengalaman ini. Periset di Spanyol menemukan bahwa membaca kata 'kayu manis' mengaktifkan daerah otak penciuman yang bertanggung jawab untuk mencium bau. Demikian pula, periset Prancis menemukan bahwa membaca tentang aksi 'Pablo menendang bola' merangsang korteks motorik bagian gerakan otak.


Memahami satu sama lain
Membaca dapat memperluas empati dan meningkatkan kemampuan sosial. Artinya, memberikan kesempatan unik untuk menenggelamkan diri sepenuhnya pada pemikiran dan perasaan orang lain.


Memberi kebahagiaan
Uang bukanlah satu-satunya sumber kebahagiaan, bahwa pengalaman hidup membuat lebih bahagia dibanding hal materi. Nah, orang dewasa yang lebih tua yang terus membaca dan belajar jauh lebih puas dengan kehidupan mereka. Jadi, mulai dari sekarang sebagai anak muda harus rajin-rajin baca ya.


Mengurangi stres
Membaca terbukti mengurangi stres sebanyak 68 persen, mengalahkan mendengarkan musik, berjalan-jalan, dan minum secangkir teh.Ketimbang menghilangkan energi, lebih baik membaca karena dapat memperlambat denyut jantung dan mengurangi ketegangan otot.

Meremajakan otak
Menjaga aktivitas stimulasi mental seperti membaca memiliki 32 persen lebih lambat mengalami penurunan kognitif. Juga menemukan bahwa manula yang secara teratur membaca atau barmain game yang menentang daya pikir seperti catur atau puzzle, memiliki risiko 2,5 kali lebih rendah untuk terserang penyakit Alzheimer.




Membaca - Hobi Yang Bermanfaat Membaca - Hobi Yang Bermanfaat Reviewed by Masih Sekulah on June 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Ads

Powered by Blogger.